Metahuman Dan Kecerdasan Buatan


Metahuman adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk membuat "manuasia virtual" yang nantinya akan tinggal di Metaverse. Jadi, sederhananya teknologi ini menciptakan "penduduk" Metaverse. Untuk menciptakan metahuman sebenarnya butuh proses yang kompleks, sebab teknologi ini dirancang untuk sebisa mungkin mirip dengan manusia asli.

Baru-baru ini, Unreal Engine telah memperkenalkan pendekatan baru. Perangkat UnrealEngine dapat mengubah gerakan dan ekspresi manusia di dunia nyata menjadi gerakan dan ekspresi yang tersimpan secara virtual. Ekspresi tersebut tersimpan secara digital. So, Kita tidak perlu melakukan rekaman berulang untuk mendapatkan ekspresi yang sama, atau ekspresi derivatif terkait dengannya.

Merekam Ekspresi Manusia Nyata

Pada demo yang tersedia di kanal youtube IGN. Ekspresi atau gerakan dari manusia nyata dapat direkam melalui Iphone, atau mungkin saja beberapa jenis smartphone yang lain. Hasil rekaman tersebut merupakan data dalam bentuk video digital. Selanjutnya, video rekaman tersebut dipisah menjadi beberapa frame gambar. Nah, frame gambar ini di-scan sebagai data pembalajaran untuk kecerdasan buatan.

Selanjutnya, data tersebut dipadukan dengan model 3D yang telah ada di perangkat komputer. Setiap pixel pada gambar diubah menjadi vertex pada model 3D, pada demo ini menggunakan CPU dan GPU terbaru dari AMD. Hasilnya gerakan model 3D yang terbentuk di komputer. Gerakannya hampir sama persis dengan gerakan fisik manusia asli yang direkam. So, gerakan dari menusia fisik dapat ditiru secara sempurnah oleh manusia dalam bentuk model 3D. Inilah Metahuman.

Mengolah Manusia Nyata Menjadi MetaHuman

Menggunalan kecerdasan buatan, gerakan dari Metahuman juga dapat dipadukan dengan suara yang terekam. Setelah melakukan proses rendering, seperti menambahkan warna kulit, rambut, dan pakaian, video animasi yang diperoleh sangat menakjubkan. Dapat dikatakan, Metahuman merupakan manusia nyata dalam bentuk virtual.

MetaHuman

Proses ini berlangsung sangat cepat. Melalui pemodelan animasi klasik, Kita mungkin butuh setidaknya 2 bulan untuk melihat hasilnya. Melalui kecerdasan buatan dan perangkat komputer terbaru, Kita tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasilnya.


Aktor: Melina Juergens
Judul Asli:MetaHuman - Real-Time Facial Model Animation Demo | State of Unreal 2023
Sumber: https://www.youtube.com/@IGN


Komentar